Finhacks : Lomba Coding Berhadiah Total Ratusan Juta

Finhacks

Tahun lalu, BCA sukses menyelenggarakan Finhacks 2016. Sebagai pemenangnya, Faris Tadjoedin, membuat aplikasi chat banking yang merupakan jawaban atas perkembangan jaman. Di gelaran Finhacks 2016 yang bertema eWallet, ia membuat presentasi dengan bermodal enam slide serta aplikasi chatting yang ia buat di hari H. Ia datang seorang diri, tanpa sebuah tim. Tak disangka, idenya diterima dan para juri menganggap ide tersebut dapat dikembangkan. Saat ini, aplikasi chat banking besutan Faris telah diluncurkan dan menjadi porto folio yang sangat membanggakan bagi seorang Faris yang hanya tamatan SMA ini. Buat kamu yang pengin tahu lebih banyak mengenai karya Faris Tadjoedin, silakan meluncur ke SINI.

Apa itu Finhacks

Mini Finhacks 2017 Yogyakarta

Kontes Finhacks atau Financial Hackathon, adalah sebuah gelaran bagi para developer atau praktisi TI untuk membangun suatu inovasi aplikasi dalam waktu yang singkat, berkisar antara 24-48 jam.

BCA mengundang developer atau praktisi TI yang punya impian untuk berkolaborasi dan berinovasi dalam menciptakan sistem pembayaran yang dapat mengubah gaya hidup masyarakat Indonesia, dengan mempersiapkan API (Application Programming Interface) yang bisa digunakan oleh para developer untuk berinteraksi dengan sistem BCA. Kompetisi Finhacks ini terbuka untuk masyarakat umum dari berbagai kota, pendidikan, usia, dan pekerjaan.

Kali ini, BCA kembali mengadakan gelaran Finhacks.  Finhacks 2017 dan tema yang diusung adalah #CodeSpace.  Akan berlangsung di BCA Learning Institute, Sentul, Bogor.

Namun sebelum acara tersebut berlangsung pada 26-27 Agustus 2017, lebih dulu diadakan Mini Finhacks 2017 yang diadakan di 4 kota besar. Tanggal 15 Juli 2017 di Old Town White Coffee Pakubuwono Jakarta kemudian 29 Juli 2017 di Hotel Santika Premier Surabaya lalu 5 Agustus 2017 di Hotel Sahid Rich Yogyakarta dan terakhir 12 Agustus 2017 di Hotel Grand Tjokro Bandung.

Gelaran Mini Finhacks 2017 ini juga tidak kalah seru. Tanggal 5 Agustus 2017 di Hotel Sahid Rich Yogyakarta misalnya, telah hadir 20 peserta. Baik perseorangan dan tim. Mereka dihadapkan pada dua tantangan. Tantangan pertama disebut sebagai tantangan pemanasan. Hal ini dimaksudkan, syarat untuk mendapatkan tantangan utama adalah harus menyelesaikan tantangan pemanasan.

Semua peserta diminta untuk membuat code dengan bahasa program apapun untuk menyelesaikan deret Fibonacci. Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan dua tantangan tersebut adalah 3 jam. Beberapa peserta tampak kesulitan dalam hal Fibonacci ini. Namun banyak juga peserta yang melaluinya dengan mudah.

Mini Finhacks 2017 Yogyakarta

Fauzan

Salah seorang peserta, Fauzan, berhasil menyelesaikan deret Fibonacci tersebut dalam waktu kurang dari 5 menit. Ia menjadi peserta pertama yang mendapat akses untuk menjawab tantangan utama. Jika ia sukses menyelesaikan tantangan utama, maka ia berkesempatan untuk menang di Mini Finhacks 2017. Hal tersebut dikarenakan, ia dan peserta lain yang menyelesaikan tantangan utama harus melakukan presentasi, mengenalkan karya yang telah ia buat.

Setelah presentasi, barulah juri memutuskan siapa yang berhak menjadi pemenang. Jumlah pemenang yang diambil adalah 5 orang. Pemenang pertama mendapat 6 juta rupiah + Golden Ticket, pemenang kedua mendapat 5 juta rupiah + Golden Ticket, pemenang ketiga mendapat 4 juta rupiah + Golden Ticket, pemenang keempat mendapat 3 juta rupiah + Golden Ticket, dan pemenang kelima mendapat 2 juta rupiah + Golden Ticket.

Golden Ticket adalah hadiah untuk para pemenang yang berupa pembiayaan perjalanan menuju lokasi Finhacks 2017 di Sentul, Bogor serta pembiayaan selama berada di acara tersebut. Artinya, bagi yang sukses mendapatkan Golden Ticket maka ia tinggal berangkat ke lokasi tanpa memikirkan biaya apapun.

Tantangan utama Mini Finhacks 2017 di Yogyakarta ternyata adalah peserta/tim diminta membuat aplikasi yang dapat menemukan ATM dan Bank BCA di manapun serta memberikan rute terdekat menuju lokasi tersebut. Aplikasi yang dibuat boleh menggunakan bahasa program apapun dalam bentuk apapun. Peserta/tim boleh membuat berdasar web based maupun android based.

Satu demi satu peserta/tim menyelesaikan tantangan utama. Namun, hanya diambil 5 peserta/tim saja yang berhak melakukan presentasi. Kelima peserta tersebut memperebutkan posisi juara. Pada 26-27 Agustus 2017 nanti, mereka bersama puluhan peserta dari berbagai penjuru Indonesia memperebutkan hadiah yang ditawarkan.

Adapun hadiah yang diberikan sebagai pemenang Finhacks 2017 di Sentul, Bogor adalah sebagai berikut.

Juara 1 : Rp. 60.000.000 + Macbook Pro 13″ Retina Display
Juara 2 : Rp. 40.000.000 + MSI GE62 2QL
Juara 3 : Rp. 20.000.000 + RICOH Theta S 360 Degree

Pendaftaran Finhacks 2017

Gelaran Mini Finhacks 2017 di Yogya, Surabaya, Jakarta sudah selesai. Tinggal Mini Finhacks 2017 di kota Bandung. Apakah itu artinya pendaftaran peserta sudah usai?

Tidak.

Kamu masih bisa mengikuti acara ini dengan submit ide kamu di Finhacks.id. Event Mini Finhacks 2017 yang dilakukan di 4 kota tersebut adalah untuk menjaring peserta yang berhak mendapat Golden Ticket. Peserta yang tidak berhasil pada Mini Finhacks pun masih dapat mengikuti Finhacks 2017 di Sentul. Hanya saja, tentu dengan biaya pribadi.

Ide yang kamu submit akan dikurasi oleh pihak panitia. Jika dirasa ide kamu bagus dan layak dikembangkan, maka kamu berhak ikut lomba Finhacks 2017.

Jadi, tunggu apa lagi. Tanggal pelaksanaan sudah semakin dekat. Submit ide kamu dan menangkan Rp 60 Juta + Macbook Pro 13″ Retina Display.

Kamu pasti bisa. Karena kamu pemenangnya.

Foto Para Pemenang Mini Finhacks 2017 di Yogyakarta

Mini Finhacks 2017 Yogyakarta

 

 

Finhacks : Lomba Coding Berhadiah Total Ratusan Juta | Nulis Tekno | 4.5

Leave a Reply